Wednesday, September 13, 2006

band-radja(donwload mp3)



ENAMPILAN Radja, band asal Jakarta di Kota Tasikmalaya, Sabtu (13/8) mampu menggetarkan GOR Sukapura. Ribuan Radjaku (sebutan Fans Radja) yang mayoritas anak baru gede (ABG) dan remaja ini, membuat ruangan menjadi terasa pengap.

KELOMPOK musik Radja mampu menguasai GOR Sukapura Tasikmalaya yang dipadati ribuan penonton, Sabtu (13/8). Dengan melantunkan delapan lagunya Radja mampu menghipnotis para penggemarnya yang mayoritas ABG.*YUSUF ADJI/"PR"

Sebenarnya, penampilan Radja di Tasikmalaya relatif sederhana malah terkesan seadanya, tanpa dekorasi panggung dan tata cahaya sama sekali. Mungkin pihak penyelenggara menganggap pentas berlangsung siang hari, jadi hanya mengandalkan cahaya dari luar ruangan yang menembus ke dalam.

Walapun kondisi ruangan menjadi remang-remang karena cuaca menjelang sore mendung, penampilan mereka di GOR Sukapura Tasikmalaya mampu memuaskan penggemarnya. Delapan lagu yang dibawakan Ian Kasela vokalis Radja, umumnya sudah akrab di telinga penonton.

Tidaklah mengherankan bila para personel Radja mampu mengajak para penonton bernyanyi bersama di setiap lagu. Bukan hanya itu saja, setiap kali membawakan lagu dengan beat cepat, langsung ditingkahi penonton dengan jingkrakan di tempat. Bersamaan dengan itu, suara kor penonton membahana. Hasilnya GOR Sukapura terasa bergetar.

Sebelum Radja tampil, penonton yang berpeluh keringan sempat dibuat tidak sabar, menanti penampilan band kesayangannya. Malahan beberapa saat sebelum band ini tampil, sempat diwarnai aksi pelemparan kepada dua pembawa acara. Pasalnya, kesabaran penonton habis dan kesal karena seakan terus mengulur waktu.

Selain suara cemoohan, para penonton yang sudah tidak sabar ini mengarahkan lemparan kemasan air mineral ke arah panggung. Pembawa acara pun sempat dibuat panik, tidak mampu menenangkan dan mengendalikan suasana.

Para penonton baru mau menghentikan lemparannya, ketika lima personel Radja, yaitu Ian (vokal), Indra (bas), Moldy (gitar), dan Seno (drum) naik pentas. Band asal Jakarta yang belakangan ini namanya tengah melijit, langsung disambut riuh.

Tembang "tak melupakan mu" membuka penampilan mereka, ditingkahi jingkrakan penonton. Semua tembang yang dibawakan Radja, seperti Manusia Biasa, Tidak Seperti Dulu Lagi, Cinderella, Wahai Kau Cinta, Bulan, Tulus, Takan Pernah Melupakan, habis dilahap penonton.

Semua lirik lagu yang dibawakan, dihapal semua oleh fans Radja Tasikmalaya, hingga lagu pamungkas. Band ini menutup penampilannya dengan tembang "Jujur" yang dicomot dari album ke dua, sekaligus merupakan lagu yang lambungkan nama band ke papan atas band nasional.

**

GRUP musik yang telah melahirkan tiga album, belakangan ini menjadi bahan pembicaraan pecinta musik. Mereka dinilai memiliki kemampuan menangkap keinginan pasar, tetap haus lagu-lagu bernuansa free pop, berlirik cinta yang universal.

Awalnya mereka merilis album yang secara musikal rapi dan sangat pop. Album pertama mereka yang dirilis tahun 2001, bertitel "Lepas Masa Lalu" tidak sukses, penjualannya tidak menggembirakan. Band ini baru mampu menggebrak dan namanya melejit saat meluncurkan album kedua. Album kedua dan ketiganya memang lebih mudah diterima. Mereka melesat dengan single "Jujur" yang kental dengan kord melayu yang sederhana. Melalui album ketiganya bertitel "Langkah Baru", kelompok musik yang sedang naik daun ini, mampu meraih penghargaan double platinum. Padahal album ketiga Radja yang diberi titel "Langkah Baru", sebenarnya bukan berisi lagu baru.

Namun repackage dari album sebelumnya dengan tambahan tiga lagu baru, yaitu "Bulan", "Tulus" dan "Takan Melupakanmu". Penghargaan diraih Radja, setelah album ketiga kelompok ini terjual tidak kurang dari 400.000 kopi. Pada saat diluncurkan resmi pertama kali, sekira 28 Januari 2005 lalu, album "Langkah Baru" Radja ini telah terjual sebanyak 75.000 kopi.

Band yang terbentuk sekira 17 Maret 2001 tersebut sudah mencapai milestone baru, yaitu dengan angka penjualan di atas 400.000 copy atau meraih "double platinum award" (di atas 300.000 kopi). Dengan modal itulah, penampilan Radja di Tasikmalaya, mampu menguasai GOR Sukapura yang dipadati para penggemarnya. (Adji/PR)

download now ( free radja.mp3 )

No comments: